Kumis Kucing Peluruh Batu Ginjal

Kumis Kucing Peluruh Batu Ginjal

Dalam berbagai literatur disebutkan, daun kumis kucing mengandung berbagai  khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit. Pada umumnya kumis kucing dipergunakan dalam bentuk simplisia sesuai dengan khasiat fitoterapi yang tercantum dalam Materia Medika Indonesia yakni sebagai obat untuk memperlancar pengeluaran air seni. 1)
Khasiat Kumis Kucing:
  • Diuretik
  • Infeksi kandung kemih
  • Kencing manis
  • Tekanan darah tinggi
  • Rematik
  • Menghancurkan batu ginjal
  • Menurunkan kadar kolesterol 1,2,3,4,5)
Cara Penggunaan Secara Tradisional:
  • Air panas 150ml dituang bersama 2-3 gram kumis kucing kemudian setelah 15 menit disaring. Dapat juga dibuat dengan air dingin dan dibiarkan tertutup selama beberapa jam, secangkir kumis kucing ini diminum 2-3 kali sehari pada waktu makan. 2)
  • Cuci 90 gram kumis kucing, lalu rebus dalam 1 liter air. Biarkan mendidih sampai airnya tersisa 750cc. Setelah dingin minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian. Lakukan setiap hari sampai sembuh. 3)
Penelitian Yang Membuktikan Khasiat Kumis Kucing:
Berdasarkan penelitian Agus Tri Cahyono, Fakultas Farmasi UGM pada tahun 1990, diketahui bahwa pengaruh infus daun kumis kucing terhadap kelarutan kalsium batu ginjal secara in vitro pada kadar 0.5%, 7.5% dan 10% dinyatakan bahwa kadar kalsium batu ginjal yang terlarut adalah lebih baik. 3)
Dari hasil penelitian Ninuk Kus Dasa Asiafri Harini, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR pada tahun 1989, membandingkan efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua. Untuk efek diuretik disarankan menggunakan daun kumis kucing muda karena mempunyai awal kerja yang cepat dan masa keja yang relatif singkat.3)
Muangmun W, Mahidol University, Bangkok pada tahun 1984 melakukan penelitian terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya 40% pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0.5 cm, dan 20% merasakan hilangnya sakit.
Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan tidak diragukan lagi bahwa kumis kucing dapat membantu peluruhan batu pada ginjal.
LITERATUR
  1. Rukmana Rachmat, Ir, 1995, Kumis Kucing, Penerbit Kanisius
  2. Anonim, 2000, Acuan Sediaan Herbal, DEPKES RI, Dirjen POM, hal.70-71.
  3. Dalimartha Setiawan, 2003, ATLAS Tumbuhan Obat Indonesia, Jilid 2, Trubus Agriwidya, hal. 126-130
  4. anonym, 1980, Materia Medika Indonesia, Jilid 4, DEPKES RI, hal 85-91.
  5. Wiryodagdo, Sudjarwadi, Drs, 2003,Tanaman Obat untuk Penyakit Jantung, Darah Tinggi dan Kolesterol, Agromedia Pustaka, hal. 46-47.
Disadur dari pamflet Borobudur Herbal
Gambar: Macinate

Comments

Popular Posts